Grosir Baju Murah
 
 
Picture
Wonogiri (Espos)--Objek wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri dalam waktu sekitar tiga bulan ke depan akan dilengkapi dengan kapal pesiar berkapasitas 50-80 penumpang yang bisa membawa pengunjung mengelilingi waduk. Direncanakan awal Februari 2010 ini, pengerjaan pembuatan kapal tersebut akan dimulai dan ditargetkan beroperasi pada Mei mendatang. Investor sekaligus pembuat kapal itu, Darmanto mengatakan, tiga bulan diperkirakan cukup untuk membuat kapal dua lantai yang akan dilengkapi dengan dek terbuka agar penumpang bebas melihat-lihat pemandangan.

Untuk pembuatan kapal itu, Darmanto menginvestasikan uang pribadinya sekitar Rp 500 juta. “Kapalnya tidak akan terlalu besar, panjangnya 16 meter, lebar 3,5 meter dan beratnya 3,5 ton. Untuk tahap awal, saya akan membuat satu dulu, tapi jika animo pengunjung cukup tinggi, tidak menutup kemungkinan akan ditambah jumlahnya,” jelas Darmanto, saat ditemui di rumahnya di Bulusulur, Wonogiri, Kamis (28/1).

Lebih lanjut, Darmanto menerangkan, dalam pembuatan kapal itu, faktor keselamatan sangat diutamakan. Konstruksi bagian perut paling bawah akan dibuat dari beton bertulang, sehingga tidak akan mudah rusak atau hancur saat membentur bebatuan atau dasar waduk.

Selanjutnya, kapal akan dibuat sedemikian rupa sehingga body kapal yang masuk ke dalam air hanya 90 cm.Dengan demikian, saat air waduk surut dan ketinggian air hanya satu meter pun, kapal tetap bisa berlayar.

Sedangkan untuk melindungi baling-baling dari jeratan jala atau jaring nelayan, akan dilengkapi dengan kerudung baling-baling. “Yah, tahu sendiri di Waduk Gajah Mungkur, cukup banyak jala dan jaring nelayan,” ujarnya.

Darmanto bukanlah orang baru dalam bidang investasi dan pembuatan kapal. Sebelumnya, ia pernah membangun kapal penumpang ukuran besar di Kabupaten Ende, Flores. Ia juga pernah membuat kapal nelayan untuk dioperasikan di Melbourne, Australia. Tahun 2009 lalu, ia juga diserahi pekerjaan oleh Pemkab Wonogiri untuk membuat 18 unit kapal perahu untuk nelayan di Pantai Waru.

Alasannya berinvestasi dengan membuat kapal wisata di WGM, karena ia ingin membantu Pemkab Wonogiri meningkatkan daya tarik wisata di WGM. Dalam hal itu, ia sudah berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora).

Sebelumnya, saat menerima kunjungan dari Komisi II DPRD Wonogiri, Kepala Disbudparpora, Bambang Haryadi sempat menyinggung, saat ini pihaknya bersama salah investor lokal memang tengah berupaya meningkatkan daya tarik objek wisata WGM dengan mengoperasikan kapal wisata mengelilingi waduk. Namun, saat itu, Bambang tidak mengungkap siapakah investor dimaksud.

shs  solopos

 
Solo (Espos)–Hujan ekstrem beberapa hari terakhir ini membuat aliran hulu Sungai Bengawan Solo merangkak naik. Bahkan, tingkat elevasi hulu sungai melegenda itu telah menyentuh angka siaga I, yakni di atas 108,60 meter dari permukaan air laut.
“Saat ini, elevasi air di hulu masih di antara siaga satu. Beberapa hari terakhir ini, air menyentuh angka 108,34 dan 108,50 dari permukaan air laut. Sebelumnya, air di Dam Colo malah melampaui 108,60,” ujar Satgas penanganan banjir Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) Muhammad Amin ketika ditemui Espos di posko setempat, Jumat (22/1). Amin menjelaskan, pantauannya selama tiga bulan terakhir ini, puncak kenaikan elevasi air di Hulu Sungai Bengawan Solo terjadi pada Bulan Januari 2010. Pada bulan tersebut, elevasi air di Dam Colo berkisar antara 108,30-108, 60 di atas permukaan air laut Surabaya.

Meski demikian, ketika tiba di Kawasan Jurug, elevasi air kembali surut. “Dari batas siaga I yakni 6,50, air di Jurug masih berada di antara 4,31 dan 4,57 dari ketinggian lokal,” jelasnya.

Dari data yang ada, pada waktu-waktu tertentu elevasi air bisa merangkak naik dengan tajam. Pasalnya, selama ini ada sekitar tujuh anak sungai dari Klaten, Karanganyar, Sukoharjo, Sragen, Boyolali alirannya langsung masuk ke Bengawan Solo.

Tujuh anak sungai tersebut antara lain Denkeng, Samin, Walikan, Langsur, Jlantah, Brambang dan Pepe. “Jadi, meski curah hujan rendah namun jika aliran anak sungai tinggi, air bengawan bisa naik. Makanya, di sinilah sejumlah pintu air yang dilengkapi pompa air berguna untuk mengendalikan volume air,” paparnya.

Demikian halnya dengan sejumlah genangan air di dalam kota. Menurut Amin, hal itu bisa dipicu oleh hujan dalam kota yang tak masuk ke Sungai Bengawan Solo.

Sementara itu, dari catatan Satgas penanganan banjir BBWSBS, sejumlah kecamatan di Soloraya yang sangat berpotensi tinggi terkena banjir antara lain Polokarto, Ngrampal, Masaran, Gondang, dan Jebres.

“Warga diimbau tetap waspada. Terutama yang tinggal di kawasan bantaran. Sejumlah alat deteksi dini banjir (early warning) sudah terpasang. Namun, bagaimana pun warga harus tetap siaga,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Amin, pihaknya masih terus memantau kondisi cuaca di Soloraya kerjasama dengan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG). Dan hingga saat ini, lanjutnya, ramalan BMG menyebutkan belum ada tanda-tanda cuaca bakal memburuk.

“Namanya saja ramalan, bisa terbukti kebenarannya bis ajuga tidak. Yang jelas, kita selalu waspada,” paparnya.

asa

 
Solo (Espos)–Penjualan ponsel China mendominasi di beberapa pasar seluler Solo. keberadaannya mulai mengikis kefanatikan pembeli terhadap merk lama.

Beberapa pedagang ponsel di kawasan singosaren bazar seluler atau singosaren hand phone (SHP) mengaku penjualan produk China mencapai 70%. Salah satu pemilik usaha seluler, Tony, 30 menyatakan keberadaan produk China mulai mengikis kefanatikan pembeli terhadap merk-merk lama.

“Kalau memakai skala 10, maka saya bisa menjual 7 HP China dan tiga untuk HP-HP merk lama. Masyarakat Solo lebih mengikuti tren, mereka banyak mengejar model Qwerty,” terangnya saat ditemui Espos, Kamis (21/1).

Ia menyatakan, pembeli juga memiliki orientasi untuk mengejar fiture seperti facebook, google dan sebagainya. Selama ini Tony mengaku, HP China dapat bersaing ketahanannya.

“Mungkin karena masih baru, komplain jarang kita terima. Pemberian garansi seperti pada umumnya, yakni setahun. Namun, walau sudah ada dealer-dealer HP China di Solo, tapi kita amati penggarapannya di luar kota. Jadi kita harus menunggu agak lama,” terangnya.

Hal senada juga diungkapkan salah satu penjual ponsel di Matahari Communication Centre (MCC) Singosaren Plaza yang tidak berkenan disebut namanya. Ia menyatakan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi terdongkraknya HP China di pasar.

Di antaranya adalah harga, fiture dan model. Sekitar 20-an HP China yang beredar di pasar menawarkan fasilitas double simcard. Hal tersebut menjadi nilai praktis yang turut mendorong minat pembeli.

m85

solopos

 
Start blogging by creating a new post. You can edit or delete me by clicking under the comments. You can also customize your sidebar by dragging in elements from the top bar.

 
Grosir Baju Murah