Grosir Baju Murah
 
 
Picture
batik tasikmalaya.batik solo,batik jogja
Tasikmalaya memiliki batik khasnya sendiri. Sayangnya, batik Tasikmalaya kalah pamor dibanding batik asal Pekalongan dan Solo. Padahal, keelokan batik Tasikmalaya tak bisa dianggap sebelah mata.Lihat saja sekilas dan Anda pasti jatuh hati. Bagaimana tidak, warna-warna mencolok seperti merah, biru, dan hijau merupakan warna khas dari batik Tasikmalaya. Menurut Deden, perajin batik Tasikmalaya, ketiga warna cerah tersebut sejak lama menjadi ciri khas batik Tasikmalaya. Deden merupakan salah satu perajin di sentra batik Tasikmalaya yang terletak di Jalan Cigeureung, Kecamatan Cipedes, Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Kita juga produksi warna juga sesuai permintaan pasar. Tapi kalau merah, biru, dan hijau ini ciri khas dari dulu, jadi selalu ada. Sekarang trennya itu warna ungu," ujarnya.

Deden adalah pemain lama di industri batik Tasikmalaya. Ia terkenal sebagai produsen terbesar di Cigeureung. Deden merupakan generasi kedua dari keluarga perajin batik Tasikmalaya.

"Ini sejak tahun 1950-an. Awalnya usaha bapak saya, Haji Asep. Masih rumahan lalu punya satu pabrik. Sekarang kita ada dua pabrik," tuturnya.

Beberapa ornamen klasik khas batik Tasikmalaya adalah lereng suling, sekar jagat, dan serat kayu. Ada pula ornamen-ornamen lainnya. Sebut saja ornamen bilik yang berbentuk seperti garis-garis berjejer dalam posisi horizontal berselingan dengan posisi vertikal.

Deden memproduksi batik dengan dua cara, yaitu batik tulis dan batik cap. Ia menceritakan perlu waktu dua minggu untuk menghasilkan batik tulis. Sementara batik cap hanya perlu sekitar dua hari. Oleh karena itu, batik tulis tentu saja lebih mahal harganya.

Deden biasa mengikuti pameran di Jakarta sehingga para pelanggannya pun tersebar di berbagai daerah. Jika Anda warga Jakarta, tenang saja ketika Anda mampir ke galeri Deden di Tasikmalaya, tetapi merasa tak menemukan apa yang Anda cari. Anda bisa memesan untuk model baju dengan kain tertentu yang Anda inginkan. Lalu ambillah pesanan saat Deden ikut serta pameran di Jakarta.

Memang, sering kali pelanggan menginginkan suatu model, tetapi tak merasa cocok dengan warnanya. Ada pula pelanggan yang naksir dengan suatu kain, tetapi tak tersedia dalam suatu bentuk baju jadi. Jangan lupa untuk mampir ke pabrik Deden. Mintalah pegawai di galeri untuk mengantarkan Anda ke pabrik sehingga Anda bisa melihat proses pembuatannya. Selain itu, Anda juga bisa minta diajarkan pembuatan batik.

"Gratis, kami tidak pungut bayaran untuk yang ingin coba belajar singkat. Kami sediakan kain seukuran sapu tangan untuk belajar membatik. Banyak rombongan yang datang kemari untuk berwisata batik. Ada juga yang individu," katanya.

Beberapa orang mengaku harga batik Tasikmalaya lebih mahal dibanding batik asal Pekalongan dan Solo.

"Bahan baku untuk batik Tasikmalaya masih ambil dari Pekalongan. Dulu di Tasikmalaya ada pabrik tekstil tapi lalu tutup," ujar Deden. Salah satu pegawainya, Bapak Aki, adalah mantan pekerja di pabrik tekstil tersebut. Sejak pabrik itu tutup, ia pun bekerja di usaha batik milik Deden.

"Saya sudah kerja di sini sejak tahun 1976, dari masih dipegang Haji Asep," kata Bapak Aki sambil sibuk mengecap batik.

Ia memang bertugas membuat batik cap. Bapak Aki mengaku di usianya yang  sudah tua, matanya mulai lemah. "Jadinya oleh Pak Deden saya ditugaskan untuk mengecap motif yang besar-besar saja. Kalau yang motif kecil saya susah lihatnya," ujarnya.

Sementara itu, di sudut lain pabrik batik milik Deden, tangan-tangan terampil ibu-ibu tua bagaikan menari di atas kain. Canting bergesekan dengan kain dan aroma lilin mengudara. Deden menjelaskan, ia sengaja mempekerjakan para ibu sepuh itu karena memang mereka ini yang terampil dalam membatik. "Mereka sangat teliti dan rapi," ujarnya. Sesekali terdengar riuh tawa para ibu yang saling bercanda. Dalam dekapan kain warna-warni, ibu-ibu sepuh itu laksana sedang bermain dalam taman batik.

sumber: kompas.com

 
Perhelatan Solo Batik Fashion kembali digelar untuk ketiga kalinya pada 14-16 Juli 2011. Setelah pada dua penyelenggaraan sebelumnya selalu dilakukan di Kawasan Ngarsopuro, untuk pergelaran kali ini dipindah ke Gladag, Solo, Jawa Tengah.

Ketua panitia Solo Batik Fashion, Djongko Raharjo, menyebut Gladag dipilih karena memiliki keunikan. Selain ada air mancur yang akan berwarna-warni ketika ditimpa sinar lampu pada malam hari, lokasi peragaan busana juga berada di bawah rerimbunan pohon berumur ratusan tahun.

“Yang juga berbeda dari sebelumnya adalah kami menampilkan karya desainer muda Solo yang saat ini sedang menimba ilmu fashion di luar negeri, seperti di Prancis, Singapura, dan Cina,” ujar Djongko kepada wartawan, Kamis, 7 Juli 2011. Dia berharap tampilnya desainer muda Solo akan mendorong anak muda lainnya menekuni desain batik.

Pada hari pertama acara yang digelar mulai pukul 19.00 WIB tersebut, akan ditampilkan batik rancangan 15 orang desainer, seperti Joko SSP, Rory Wardhana, dan Djongko Raharjo yang masing-masing akan menampilkan delapan koleksinya. Kemudian pada 15 Juli, giliran peragaan busana dari Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia Jawa Tengah dan Yogyakarta. “Juga ada rumah batik, seperti Danar Hadi dan Batik Keris, serta para desainer muda Solo,” katanya.

Di hari terakhir, ada peragaan kebaya dari komunitas pecinta busana nasional dan tradisional yang tergabung dalam Ratna Busana. Selanjutnya disusul peluncuran Ikatan Perancang Busana Surakarta yang saat ini sudah memiliki 13 anggota.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata, Seni, dan Budaya Surakarta, Budi Sartono, menyatakan Surakarta berusaha semakin memantapkan diri untuk menjadi ibu kota batik. Oleh sebab itu, rutin digelar beragam acara yang melibatkan unsur batik. “Selain Solo Batik Fashion, sebelumnya sudah ada Solo Batik Carnival,” ujarnya pada kesempatan yang sama.

Dia berharap nantinya Surakarta bisa menjadi tolok ukur tren dan perkembangan batik di Indonesia. Karenanya, pihaknya terus berupaya mengangkat potensi batik di Surakarta. Sebelum penyelenggaraan Solo Batik Fashion, akan didahului dengan lomba foto batik pada 10 Juli dan lomba top model batik pada 12 Juli.

tempointeraktif


 
Grosir Baju Murah