Grosir Baju Murah
 
 
Picture
Bukan hanya batik yang menjadi warisan leluhur Indonesia. Banyak tarian khas yang bisa mengangkat nama Indonesia di mata internasional. Seperti tarian 'Matah Ati' yang siap memukau Singapura.

'Matah Ati' adalah sebuah pertunjukan sendratari yang berkisah tentang perjalanan cinta prajurit perempuan di Keraton Mangkunegara di abad 18. 'Matah' sendiri dapat berarti 'patah', namun dalam bahasa Jawa, berarti 'meladeni'. Sehingga 'Matah ati' tidak memiliki makna negatif seperti 'Patah Hati', melainkan berarti 'meladeni hati'.

Jalan cerita dari sendratari itu ditulis oleh Bandoro Raden Ayu Atilah Soeryadjaya, yang tak lain adalah cucu dari Mangkunegara VII. Sendratari 'Matah Ati' akan dilangsungkan di pusat seni Singapura, Esplanade Building. Penata artistik ternama Indonesia, Jay Subiakto yang akan mengubah gedung Espalande yang modern, menjadi kerajaan Mangkunegara Solo jaman dulu.

Tak hanya sendratari, pertunjukan yang akan diadakan pada tanggal 22-23 Oktober nanti juga akan dilengkapi dengan pameran aneka kebudayaan khas kerajaan Solo. Berbagai karya seni seperti lukisan, patung dan aneka kostum plus aksesori keluarga kerajaan akan ditampilkan di sana.

Pertunjukkan di Singapura adalah pertunjukkan perdana 'Matah Ati'. Selanjutnya, sendratari itu akan melakukan pertunjukkan di berbagai negara Asia, juga Eropa.

Bagi Anda yang tertarik untuk menonton pertunjukkan sendratari ini, Anda bisa mendapatkan tiket dengan harga SGD 30-SGD 60 atau sekitar Rp 200 ribu - Rp 400 ribu.

(kee/kee)

 
Picture
SEBELUM mengikuti babak fast track di ajang Miss World 2010, Asyifa Latief terlibat dalam aksi lelang penggalangan dana bagi korban banjir dan cuaca ekstrim di South Sea Island, Hainan, China. Miss Indonesia 2010 ini melelang clutch batik bertabur bebatuan.

Menurut Road Manager Miss Indonesia Astrid Eledaro, Asyifa berhasil melelang produk clutch batik di ajang Miss World 2010 dengan nilai bagus.

“Saat acara lelang berlangsung, clutch Asyifa digabungkan dengan produk milik dari wakil Israil dan Irlandia. Hasilnya, mereka berhasil mendapatkan 45 ribu yuan,” tutur Astrid yang dihubungi okezone melalui telepon selulernya, Senin (11/10/2010).

Ditemui dalam suatu kesempatan, Founder Miss Indonesia Liliana Tanoesoedibjo menjelaskan alasan Asyifa membawa clutch untuk acara lelang Miss World 2010.

“Sesuatu yang khas di Indonesia itu memang banyak, tapi kami memilih clutch batik karena tidak ada di negara lain,” ucap lulusan Fashion Designer L’Academie des Couturiers Canadiens, Ottawa, Canada ini

Liliana menjelaskan secara ringkas mengenai daya tarik clutch yang dibawa perempuan cantik asal Kota Kembang tersebut.

“Clutch ini dibuat secara handmade dari batik tulis sogan khas Yogyakarta. Sementara untuk bagian dalamnya terbuat dari material bahan kulit. Agar terlihat istimewa, beberapa sisi di permukaan kainnya dihiasi batu-batu agathis dari Pacitan, Jawa Timur,” tukasnya.

Untuk diketahui, Asyifa Syafiningdyah Putrambami Latief akan mengikuti malam puncak Miss World di Sanya, Hainan Island, China pada 30 Oktober 2010. Mari dukung wakil Indonesia di ajang Miss World 2010!
(tty)

 
Picture
What is Sarimbit?
Sarimbit kuwi opo tho?
Sarimbit teh naon?
Apaan sih Sarimbit itu?

Apa kependekan dari Sari kesambit? Ah, yang jelas bukan!!!! Saya sendiri awalnya nggak membayangkan apa sih arti sarimbit itu. Malahan di Malang saya pernah ketemu penjual kripik singkong berbentuk bundar yang dikata Sarimbit. Embuh lah, yang jelas saya nggak pernah punya bayangan tentang Sarimbit sampai beberapa waktu terakhir ini.

Gara-gara temen nitip batik, saya sampai nyari-nyari referensi apa sih Sarimbit itu? Di Internet juga susye banget nemunya dan yang ada hanya gambar-gambar...oh ini yang namanya sarimbit??? Akhirnya sepenangkapan saya yang bicara. Sarimbit barangkali adalah satu pasang baju, satu laki-laki dan satu perempuan, dan corak yang dipakai sama...Entah berupa batik sampai disebut Batik Sarimbit atau baju lain dengan corak dan jenis yang sama. Pemakai Sarimbit ini biasanya akan keliatan serasi, karena memang untuk sepasang.

Akhirnya saya paham juga apa sih maksudnya sarimbit itu. Sampai akhirnya saya pesan sarimbit dua pasang buat keluarga, dan memenuhi pesenan teman yang ada disini. Sarimbit-sarimbit, bikin pusing aja loe!!!


Bambang Priantono / bambangpriantono.multiply.com
250908


NB :

Sarimbit iku artine sepasang suami-istri, Cak... Dalam bahasa Sunda ada dua kata yg populer terkait ini: sarimbit (dengan arti di atas) dan rimbitan (yg artinya bersuami/istri atau menikah; tos rimbitan = sudah bersuami/istri)

 
Picture
  • Terdiri dari Satu Pasang, 1 cowok, 1 cewek
  • Ukuran XL (Pjbp 73 Pjbw 74, Lbbp 78 Lbbw 58 ) -
  • Tersedia ukuran lain L, M,
  • Untuk ukuran tidak bisa memilih karena sudah dalam bentuk paket
  • Warna seri (SERI MOTIF TERGANTUNG STOK TERBARU), berat 4 ons, min pembelian 3pc


    Harga Rp. 75.000/pasang

 
Picture
  • Terdiri dari Satu Pasang, 1 cowok lengan pendek, 1 cewek lengan Pj
  • Ukuran XL (Pjbp 73 Pjbw 74, Lbbp 78 Lbbw 58 ) -
  • Tersedia ukuran lain L, M
  • Warna seri (SERI MOTIF TERGANTUNG STOK TERBARU), berat 4 ons, min pembelian 3pc

    Harga Rp. 81.000/pcs

 
Picture
Banyak orang yang telah melakukan permak wajahnya, namun menyangkal telah melakukan operasi plastik. Untuk memastikannya gampang sekali, karena ada beberapa tanda yang menunjukkan seseorang telah dioperasi plastik yang sulit disangkal. Dr.Anthony Youn, seorang ahli bedah kosmetik di Troy, Michigan menuturkan ada 8 tanda operasi plastik, yaitu:

1. Lihatlah ke telinga
Cobalah berbisik dan amati telinganya, karena tidak ada operasi plastik wajah yang tidak meninggalkan bekas luka di telinga. Kadang-kadang transisi kulit dari telinga terlihat jelas atau ada kulit menebal akibat bekas luka.

2. Memiliki wajah "tampak jahat"
Jika seseoang sebelumnya terlihat baik, lalu tiba-tiba memiliki wajah seperti orang marah maka ada kemungkinan hal tersebut akibat botox. Suntikan botox di dahi bisa mendistorsi alis, Dr.Youn menyebutnya dengan wajah "tampak jahat". Hal ini bisa diperbaiki oleh suntikan lagi di atas alis.

3. Tidak memiliki kulit kendur meski berusia di atas 60 tahun
Dr.Youn menuturkan hampir semua orang yang berusia di atas 60 tahun memiliki beberapa kulit kendur atau kulit melipat di kelopak mata atas. Jadi kalau ada orang yang matanya bisa tertutup dan terbuka dengan lebar, maka kemungkinan ia sudah melakukan operasi plastik.

4. Seperti ada kismis di telinga
Selama operasi face lift (pengencangan wajah), terkadang ahli bedah melepaskan daun telinga dari wajah dan menarik kulit dengan ketat kemudian memasang kembali daun telinga tersebut. Jika tidak dilakukan dengan benar, maka akan ada kerutan kecil seperti kismis di bagian telinga tersebut.

5. Wajah seperti membengkak
Meskipun jarang ditemukan, tapi ada beberapa orang yang terlihat lebih muda tapi memiliki wajah membengkak seperti terisi angin. Kondisi ini bisa akibat terlalu banyak menyuntikkan lemak, sehingga harus diatasi dengan cara sedot lemak.

6. Memiliki hidung seperti kelinci
Ketika seseorang tersenyum dan hidungnya terlihat seperti kelinci, ada kemungkinan ia menyuntikkan botox ke dalam jembatan di hidung. Hal ini untuk menyingkirkan bentuk aneh atau bentuk mengisut dari hidung.

7. Tidak memiliki leher seperti kalkun
Dr.Youn menuturkan seseorang yang sudah berusia di atas 50 tahun, hampir semuanya memiliki kulit seperti leher kalkun jantan di lehernya. Jadi jika ia tidak memiliki itu, ada kemungkinan ia telah melakukan operasi plastik.

8. Memiliki bentuk bibir seperti mencibir
Dr.Youn menjelaskan biasanya bibir bawah seseorang lebih besar 50 persen dibandingkan dengan bibir atasnya. Jadi jika ada seseorang yang terlihat memiliki bibir atas lebih besar, ada kemungkinan merupakan variasi dari hasil suntikan silikon.

(rb/ft:rb/nay)

 
Picture
Kain batik tulis yang diproduksi perajin di kawasan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat banyak diminati kalangan wisatawan mancanegara, karena memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan batik tulis lainnya.

"Kain batik tulis keraton banyak disukai wisatawan mancanegara, karena motif batiknya khas Keraton Yogyakarta," kata salah seorang perajin batik kraton di kawasan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Marto Surtono, di Yogyakarta, Selasa (5/10/2010).

Menurut Marto yang juga "abdi dalem" (pegawai keraton) ini, batik tulis keraton banyak diminati kalangan wisatawan mancanegara di antaranya dari Thailand, Jepang, dan Inggris.

Ia mengatakan batik tulis keraton memang desain dan motifnya berciri khas Yogyakarta. "Kami memang hanya membuat motif batik tulis berciri khas batik Yogyakarta, seperti motif batik Sidomukti, Wahyutemaran, Seminromo, dan Sidoluhur," katanya.

Marto mengatakan selain membuat batik tulis untuk dijual di pasaran umum, pihaknya juga memproduksi kain batik khusus untuk pakaian Sri Sultan Hamengku Buwono X yang tidak boleh dijual di pasaran, dan hanya boleh dikenakan oleh Sri Sultan.

"Kami membuat batik tulis khusus untuk pakaian Sri Sultan Hamengku Buwono X, yakni bermotifkan batik parang besar, yang hanya boleh dikenakan oleh Sri Sultan," katanya.

Ia mengatakan proses pembuatan batik tulis keraton membutuhkan waktu lama. "Untuk membuat satu lembar kain batik tulis kraton biasanya perlu waktu sekitar tiga bulan hingga menjadi kain batik yang siap dipakai," katanya.

Menurut Marto, batik tulis keraton yang ia produksi jumlahnya tidak menentu setiap bulannya. "Jika membatiknya cepat, kami hanya mampu membuat satu lembar kain batik dalam satu bulan," katanya.

Harga kain batik tulis keraton, kata dia disesuaikan dengan motif serta ukuran kainnya. "Harganya antara Rp 300.000 hingga Rp 1,1 juta per lembar," katanya.

Sedangkan mengenai omzet penjualan kain batik keraton yang dibuatnya, Marto menyebutkan dalam satu bulan tidak menentu, dan juga tergantung produksinya. "Selama ini, setiap bulan hanya terjual rata-rata satu lembar kain batik," katanya.

Sumber : kompas.com

 
Picture
Seperti namanya yang berarti besar, fisik Pasar Gede memang terbilang paling besar ketimbang bangunan pasar
lainnya di Kota Solo. Tapi bukan hanya arsitektur bangunannya yang membuat pasar ini begitu istimewa, keragamaan barang dagangan yang tersedia di pasar saksi mahkota perkembangan ekonomi Solo itulah yang menjadi magnet bagi sebagian besar warga Solo dan wisatawan yang bertandang ke Kota Bengawan.

“Beberapa teman yang pernah ke Solo merekomendasikan untuk berkunjung Pasar Gede dan mencoba dawet saat berada di Solo,” kata Gusti, wisatawan asal Jakarta yang ditemui Espos saat tengah asyik menikmati dawet telasih di salah satu sudut Pasar Gede. Belanja di Pasar Gede memang menawarkan pengalaman tersendiri. Namanya juga
pasar tradisional, jangan harapkan pengunjung bisa menikmati suasana nyaman ber-ac seperti di pusat perbelanjaan modern.

Di bangunan pasar yang dirancang arsitek Belanda Thomas Karsten tahun 1930 ini, suasana khas pasar tradisional begitu terasa. Gang-gang pasar yang sempit, agak sumpek, lengkap dengan campuran bau khas pasar. Oleh karena itu, disarankan saat berkunjung ke Pasar Gede, gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman.

Untunglah, suasana pasar tradisional yang agak jauh dari ideal itu terbayar lunas dengan aneka barang dagangan yang tersedia di pasar ini. Ditambah lagi, semua barang bisa ditawar. Jadi mau belanja gila-gilaan pun, tak bakal sampai menguras kantong. Sebuah surga belanja.

Belanja barang kebutuhan seharí-hari di Pasar Gede? Ah itu perkara kecil. Memasuki bangunan Pasar Gede, di sisi-sisi pintu utamanya Anda langsung menjumpai pedagang yang menjajakan berbagai macam pisau dan peralatan dapur. Ada pisau dapur ukuran besar untuk memotong daging, ada pula yang berukuran lebih kecil untuk memotong sayuran atau mengupas buah.

Jikalau belum puas, di bagian dalam Pasar Gede, pengunjung bisa mendapati pilihan alat kebutuhan rumah tangga tradisional yang lebih lengkap lagi, seperti cetakan makanan, berbagai wadah makan dari gerabah hingga alat penampi beras. Melangkah lebih dalam lagi, mata dan nafsu belanja bakal dipuaskan oleh tumpukan sayur dan buah
segar. Wortel, sawi, tomat dan beragam sayuran lain siap dibeli.

Konsumen bebas memilih, mau beli borongan atau beli dalam jumlah sedikit. Sebagian besar pedagang bahkan bersedia melayani apabila Anda hanya membeli sayur dengan selembar uang Rp 1.000 atau Rp 2.000.

Namun, di antara puluhan pedagang buah dan sayur yang menyambut di bagian depan Pasar Gede, ada satu lapak yang cukup menarik. Pasalnya, lapak yang menjajakan makanan pokok orang Indonesia itu juga menjual beras merah organik serta beras hitam. Beras merah mungkin bukan barang baru, tapi embel-embel organik membuatnya
lebih menarik. Harga satu kilogram beras merah organik lumayan murah, hanya sekitar Rp 10.000. Sementara, beras hitam dihargai Rp 20.000 per kilogram. “Beras hitam ini memang belum banyak orang yang tahu. Padahal serat dan vitaminnya lebih bagus lho ketimbang beras merah dan putih,” kata si pedagang berpromosi.

Oleh: Esmasari Widyaningtyas, Fetty Permatasari

This is your new blog post. Click here and start typing, or drag in elements from the top bar.
 
Picture
Dinas Perhubungan Kota Surakarta meluncurkan fasilitas layanan transportasi umum Solo Batik Trans, Rabu (1/9). Layanan transportasi perkotaan berjenis bus rapid transit itu nantinya akan menjadi bus kota tercanggih di Indonesia.

Pada tahap awal, mereka baru mengoperasikan delapan unit armada dari 15 armada yang dimiliki. Bus yang merupakan sumbangan dari Kementerian Perhubungan tersebut dioperasikan oleh Perusahaan Umum Damri Unit Bus Kota Surakarta.

“Nantinya semua armada akan dioperasikan secara bertahap,” kata Kepala Dinas Pehubungan Kota Surakarta, Yosca Herman Soedrajad.

Seperti bus rapid transit yang berada di kota lain, Solo Batik Trans hanya akan berhenti di halte-halte tertentu. Bus tersebut bakal melintas dari terminal Palur hingga terminal Kartasura, dengan jarak sekitar 19 kilometer. Selama belintasi rute tersebut, Bus Rapid Transit akan menyinggahi 35 halte.

Untuk melintasi rute tersebut, Solo Batik Trans hanya membutuhkan waktu tempuh selama 35 menit. Waktu tempuh tersebut jauh lebih cepat dibanding bus kota biasa, yang memiliki waktu tempuh hingga satu jam.

Menurut Herman, pengoperasian Solo Batik Trans tersebut diharapkan mampu mengurai kepadatan lalu lintas di Kota Surakarta. “Selama ini masyarakat memilih menggunakan kendaraan pribadi akibat minimnya kenyamanan alat transportasi umum,” kata Herman. Dia yakin, banyak pengguna kendaraan pribadi yang bakal beralih ke Solo Batik Trans.

Dia juga yakin, kehadiran Solo Batik Trans tersebut tidak akan mematikan bus kota lain. “Sebab harga tiketnya sedikit lebih mahal,” kata Herman. Namun dia berharap, pengusaha bus kota lain dapat memperbaiki fasilitas armadanya sehingga mampu setara dengan Solo Batik Trans, terutama dari segi ketepatan waktu.

Terpisah, Manager Perusahaan Umum Damri Unit Bus Kota Surakarta, Irwanto yakin jika pengoperasian Solo Batik Trans akan mendapat sambutan baik dari masyarakat. Selama ini, pihaknya juga telah mengoperasikan bus kota kelas eksekutif.

“Penumpang selalu penuh,” kata Irwanto. Saat ini, penumpang yang menumpang Solo Batik Trans masih diharuskan membeli tiket.

AHMAD RAFIQ




 
Grosir Baju Murah