Info Mudik Cerdas Gaya Wong Solo - Grosir Baju Murah | GROSIR dan ECERAN BAJU MURAH | BATIK MURAH SOLO Grosir Baju Murah
 
 
Picture
Lebaran semakin dekat. Orang-orang mulai disibukkan dengan mudik yang notebene tradisi tahunan. Apalagi saat mudik, tidak jarang orang lalai menyiapkan dengan matang, sehingga terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Seperti rumah terbakar dan dibobol maling.

Namun dibalik itu, ada orang-orang yang mau mengingatkan, meskipun melalui selebaran "Tips Mudik Cerdik Gaya Solo". Adalah anggota Linmas Kampung Teposanan, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Ris Sudarmadi (42) dan Sunarto (42).

Dua orang yang mengenakan Pakaian Dinas Lapangan (DPL) lengkap itu, dari pagi hingga menjelang siang menyebarkan sebanyak 1.000 selebaran dengan ukuran A4 sambil menenteng poster besar di Jalan Slamet Riyadi, Solo saat berlangsungnya Car Free Day (CFD), Minggu (21/8).

Karena aksi unik itu, banyak warga yang setelah diberi selebaran justru meminta foto bersama dengan kedua linmas tersebut. Disamping juga, banyak warga yang bertanya pada kedua petugas Linmas itu sendiri.

"Ya, mereka (warga), saat saya sodorkan selebaran. Ini apa Pak? Saya jawab, ini sekedar untuk mengingatkan Bapak/Ibu/Adik sebelum mudik yang tinggal seminggu lagi. Biar semuanya lanbcar dan aman, seperti itu," kata Sudarmadi di sela-sela membagikan selebaran yang dipusatkan di depan Hotel Dana, Jalan Slamet Riyadi.

Sementara itu, sambil menenteng poster yang bertuliskan "Tips Mudik Cerdik Gaya Solo" itu, dia menuturkan jika apa yang ada di dalam selebaran kurang lebih yaitu memberikan tips pemudik yang akan menggunakan kendaraan umum dan kendaraan pribadi. Ada juga tips aman pemudik yang akan meninggalkan rumahnya agar tak disatroni pencuri.

"Ini juga bagian dari kami, mengingat saat di kampung kami bertugas mengamankan lingkungan. Jadi, masyarakat juga kita himbau agar mengunci rumahnya saat akan mudik,” tutur dia dengan bangga.

Seorang keluarga yang kebetulan di CFD, Hartanto S (48) bersama Istrinya Tri Sulistyani (44) mengapresiasi dengan apa yang dilakukan oleh Linmas tersebut. Hartanto mengaku tidak sampai berfikiran sejeli itu, yakni seperti yang tertuang dalam selebaran yang diterimanya.

Berikut tips mudik bagi Anda yang akan bersilaturahmi ke kampung halaman:

Pertama, persiapkan kendaraan.
Sebelum Anda melakukan perjalanan persiapkan kendaraan Anda, baik itu perbaikan atau perawatan berkala. Jangan lupa persiapkan juga peralatan mobil seperti kunci-kunci, dongkrak, tali derek, kotak P3K dan lain-lain.

Kedua, bawa peta jalur mudik.
Walau terlihat sederhana, tapi ini sangat krusial, lengkapi perjalanan Anda dengan peta perjalanan. Sebaiknya, peta tersebut juga mengandung informasi tentang lokasi SPBU, ATM, tempat istirahat, dan jalur-jalur rawan/alternatif. Akan lebih baik lagi jika Anda melengkapi dengan pemandu GPS (Global Positioning System).

Ketiga,jaga kondisi fisik.
Pastikan bahwa sebelum mudik Anda dan keluarga berada dalam kondisi yang fit terutama bagi driver. Jangan sekali-kali bepergian dalam kondisi kurang fit. Lemahnya daya tahan tubuh atau menurunya vitalitas tubuh akan mengurangi daya konsentrasi apalagi bagi yang akan mengendarai mobilnya sendiri.

Keempat, packing barang/muatan dengan benar.
Urutkan barang/muatan berdasarkan tingkat kebutuhan. Yang memiliki kemungkinan sangat besar dibutuhkan saat dalam perjalanan diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan, agar tidak perlu bongkar muat tiap kali butuh sesuatu.

Kelima, catatlah nomor telepon penting.
Dengan mengetahui nomor-nomor penting seperti: pos polisi, jasa marga, info jalan tol, jaringan bengkel resmi dan lain-lain, akan sangat membantu jika Anda mengalami masalah di perjalanan.

Setelah semua persiapan dilakukan, jangan lupa selalu berdoa sebelum memulai perjalanan.

Selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan...

berbagai sumber




Leave a Reply.


 
Grosir Baju Murah