Batik Sea Games 2011 , 'Komodo Bersarung Batik' - Grosir Baju Murah | GROSIR dan ECERAN BAJU MURAH | BATIK MURAH SOLO Grosir Baju Murah
 
 
Ajang SEA Games 2011 yang akan digelar sebentar lagi di Jakarta dan Palembang membuat pengrajin asal Bekasi ketiban rejeki. Pihak penyelenggara memesan 1.200 pasang boneka maskot gala olahraga se-Asia Tenggara itu.

Maskot SEA Games 2011 itu dijuluki Moda dan Modi, yakni sepasang maskot yang memiliki karakter seperti hewan berbentuk Komodo. Maskot Moda Modi dibuat oleh produsen boneka Hayashi Toys di Jalan Blue Safir Raya Nomor 34-35 RT 02 RW 40, Kecamatan Rawa Lumbu, Kota Bekasi.

Menurut Wastini (31), pemilik Hayashi Toys, boneka maskot Moda Modi dibuat dengan karakter berbeda. Moda adalah komodo jantan, yang mengenakan kostum berwarna hijau dan sarung batik. Sementara Modi, adalah komodo betina bercorak warna kuning, memakai rok batik dan selendang batik.

Boneka maskot pesanan penyelenggara itu dibuat dengan ukuran tinggi 30 sentimeter dan berdiameter sekitar 12 sentimeter. Menurut Wastini, tempat usahanya dilirik penyelenggara SEA Games karena memiliki segenap prestasi yang cukup baik. Di antaranya, meraih predikat produsen boneka terbaik se-Jawa Barat pada 2007, juara 2 produsen boneka se-ASEAN pada tiga bulan lalu, dan pernah membuat maskot PON XVII Kalimantan Timur.

Namun, tampaknya produsen boneka di Kota Bekasi itu kewalahan untuk memproduksi boneka maskot tersebut. Sebab, pihak pesanan penyelenggara mendadak.

Menurut Anang Sujana, Suami Wastini, pihak penyelenggara SEA Games memberi pesanan membuat boneka maskot tersebut sekitar tiga pekan lalu. Awalnya, Anang tidak mengetahui bahwa boneka yang dipesan itu untuk maskot SEA Games 2011. “Saya sempat menolak karena waktunya terlalu mepet. Apalagi boneka yang dipesan jumlahnya banyak,” katanya di Bekasi Kamis 27 Oktober 2011.

Pihak penyelenggara saat itu meminta Anang untuk membuat boneka maskot Moda-Modi sebanyak 1.200 pasang. Namun, karena waktu yang terlalu mepet dan padatnya pesanan, Anang hanya menyanggupi untuk memproduksi boneka tersebut sekitar 300 buah.

Saat pemesanan, pihak penyelenggara hanya memberikan sketsa dan meminta Anang merubahnya menjadi bentuk tiga dimensi. Namun, ketika itu Anang mencoba merealisasikan konsepnya. Pada percobaan kedua, konsep boneka buatannya diterima dan dijadikan contoh untuk diproduksi dalam jumlah banyak.

Boneka Moda Modi itu, kata Anang, dibuat dengan bahan baku lokal, seperti kain batik, dan kapas dakron. Agar diproduksi tepat sebelum jadwal penyelenggaraan SEA Games, Hayashi Toys mengerahkan sekitar 108 pekerja pembuat boneka.

Sebenarnya, kata dia, Hayashi Toys juga diminta membuat gantungan kunci sebanyak 1.000 buah. Masing-masing 5.000 Moda, dan 5.000 Modi, namun dia menolak karena waktunya terlalu mepet.

Selain boneka maskot Moda Modi, Hayashi Toys juga mengerjakan beragam boneka yang sudah lama dipesan. Pada awal November nanti, Hayashi Toys harus memproduksi lima karakter binatang yang dipesan pengusaha dari Amerika Latin.

Laporan : Erik Hamzah | Bekasi, umi• VIVAnews
yanti
3/8/2012 03:33:41 pm

Reply



Leave a Reply.


 
Grosir Baju Murah